Rabu, 03 Juni 2020

From Mother to Mother



Pada adegan film Home Alone yang disutradarai Chris Columbus, seorang Ibu berbicara pada Ibu yang lain. "Help me please, from mother to mother." Sang ibu memohon dengan wajah penuh kepasrahan.

Dalam adegan itu diceritakan bahwa sang ibu yang memohon tersebut sedang mengalami kesulitan keuangan untuk biaya perjalanan menemui anaknya di tempat yang jauh. Sang ibu (saya lupa namanya, sebut saja namanya Meri) berupaya mendapatkan uang dengan menjual barang-barang berharga yang dimilikinya pada ibu yang lain (saya lupa namanya, sebut saja namanya Maria).

Maria sebenarnya agak berat hati untuk menolong Meri karena uang yang dipegangnya sekarang adalah hasil tabungan bertahun-tahun untuk biaya perjalanannya dengan suami pergi berwisata. Suami Maria yang berdiri di sampingnya memperingatkan Maria bahwa tidak perlu menolong Meri karena mereka harus segera berangkat sesuai jadwal.

Meski sekali dua usahanya gagal, Merry terus berusaha untuk mendapatkan pertolongan dari Maria. Akhirnya Maria jatuh hati pada Meri dan memberi pertolongan keuangan. Jumlahnya cukup untuk perjalanan Meri ke rumah menemui anaknya.

Nah ... yang akan saya ulas di sini adalah bukan tentang bagaimana berusaha meyakinkan orang lain untuk mendapatkan pertolongan. Tapi mengenai bagaimana seorang ibu memiliki naluri, refleks, dan keinginan yang kuat untuk melindungi anaknya. 

From mother to mother bukankah kata sakti untuk mempengaruhi ibu yang lain. From mother to mother ialah berbicara tentang menyentuh lubuk hati nurani yang paling dalam. Menyentuh ketulusan sebagai manusia yang saling membutuhkan pertolongan. Inilah kemanusiaan yang sebenarnya. Bertindak dengan juga melibatkan hati nurani.

Sekian.

Note: This picture taken from https://today.line.me/ID/article/Apa+Kabar+Aktor+Home+Alone+Ada+yang+Sudah+Meninggal-EBwY2k

Oleh Krismanto Atamou
Nefoteas, 03 Juni 2020

Tidak ada komentar: