Rabu, 13 September 2017

Pendidikan Gizi sebagai antisipasi Malnutrisi pada Anak



Draft Opini – Krismanto Atamou

Gisi sebagai substansi penting pada bahan makanan anak sering kali dilupakan oleh orang tua atau pengasuh anak. Alasan ekonomi dan kesibukan orang tua menyebabkan asupan gisi anak kurang diperhatikan. Anak dibiarkan mengkomsumsi makanan yang tersedia tanpa mempertimbangkan faktor resiko malnutrisi.
Perkembangan industri makanan, baik yang pabrikan maupun home industri sudah melalui proses seleksi di Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Namun di pasaran masih saja ditemukan banyak makanan yang tidak layak komsumsi. Makanan yang kadaluarsa, tidak memenuhi standar gizi, mengandung bahan berbahaya ataupun makanan yang tidak memenuhi standar kemasan yang layak masih banyak ditemukan.
Pada beberapa kasus, pengusaha nakal yang berupaya mengelabui Pengawas Makanan dan Konsumen. Cara mengelabui pun ada banyak modus yang dilakukan. misalnya dengan membuat produk palsu. Tentunya produk tersebut dibuat hanya mengutamakan keuntungan bisnis dan tidak mengutamakan keamanan dan keselamatan konsumen. Setelah terdaftar dan lulus uji kelayakan dari Badan POM, pengusaha nakal kemudian menurunkan kualitas produk. Jadi kualitas produk hanya dijaga demi kepentingan lolos administrasi bisnis dan saat ada pengawasan.
be continued latter